Monday, April 4, 2011

0 Kepanikan Leonardo

(lagi-lagi kupersembahkan kepada astra Katomz yang penggila Bola. Dimuat di Bola, rubrik Suara Tifosi, edisi 2.179)



Masih ingat Derby Milan musim lalu ketika Milan dihajar 4 gol tanpa balas oleh inter? Ya, saat itu Leonardo masih menukangi tim Milan. Dalam pagelaran derby musim ini, Leonardo yang telah menyebrang ke kubu biru ternyata belum juga mampu membawa timnya menang. Inter kalah 3-0. Okelah ketika masih membesut Milan banyak pihak yang bisa memaklumi kekalahan 4-0 itu dikarenakan ia baru beberapa bulan mengantongi lisensi kepelatihan dan juga pertandingan derby yang berlangsung "prematur" dipekan ke-2. Namun, musim ini rasanya tak ada alasan bagi Leo untuk kembali menelan kekalahan telak di laga derby, keberhasilannya memangkas jarak dengan Milan menjadi tinggal 2 poin saja sebelum derby menjadikan banyak pihak yang menjagokan Inter akan memenangi laga derby ini.

Menurut pandangan saya, seorang Leonardo terlihat sangat panik menghadapi laga seperti ini. Pada pertandingan kemarin, kepanikan pertama Leo adalah memainkan formasi ultra ofensif dengan harapan mampu mencuri gol terlebih dahulu, namun justru Milan yang mampu mencetak gol. Panik dengan kebuntuan dibabak pertama membuat Inter diinstruksikan lebih ofensif lagi, namun apa lacur, Chivu harus diusir keluar akibat tindakannya kepada Pato. Ya, Leo terlihat semakin panik. Dalam keadaan yang semakin panik, senjata pamungkas Leo yang biasanya manjur dibeberapa pertandingan sebelumnya berupa naluri menentukan pemain pengganti tak ampuh. Cordoba, Stankovic dan Diego Millito yang masuk justru terlihat tak padu dengan pemain starter. Lini tengah yang seharusnya menjadi motor justru lumpuh, lini belakang kocar-kacir menghadang duet Pato-Robinho dan juga Boateng yang kerap coming from behind. Alhasil, 2 gol harus kembali bersarang digawang Julio Cesar.

Kepanikan Leo dilaga derby bukan hanya kali ini baru terlihat. Musim lalu, ketika Gattuso cedera ditengah pertandingan Leo lamban menyiapkan pemain pengganti. Dan sembari menunggu pemain pengganti siap (saat itu Seedorf), Gattuso malah menerima kartu kuning kedua dan merugikan Milan saat itu.

Leonardo masih harus banyak belajar. Namun ini bukan masalah, karena usianya masih muda dan juga ia seseorang yang tak gengsi untuk bertanya, seperti yang pernah diakui Mourinho. Tetap semangat, Leo!!

0 comments:

Post a Comment

 

Gemahpedia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates